Sabtu, 08 Desember 2012

Sejarah milisi Zionis: Menachem Begin (Irgun Zvei Leumi)



12 Juni 2011 oleh Amy Zalman, Ph.D.

Ketenaran Begin dapat ditemukan dalam karir terorisme yang luar biasa dan kenegarawanan sebagai pemenang Hadiah Nobel Perdamaian. Banyak yang percaya bahwa serangan yang dilakukan di bawah kepemimpinan Begin dari milisi Yahudi, Irgun, membantu mempercepat penarikan Inggris dari mandat Palestina, dan pembentukan negara Yahudi Israel.

Pelabelan Begin sebagai teroris yang didasarkan pada kegiatan melawan pemerintah Inggris di Palestina pada pertengahan 1940-an. Mungkin mengejutkan, itu adalah yang pertama kalinya Inggris memberi label Begin sebagai seorang teroris. Label ini kehilangan banyak kekuatannya di akhir 1970-an, ketika Begin menjadi perdana menteri Israel. Hari ini, apakah dia seorang teroris atau tidak masih diperdebatkan.
Tujuan:

Untuk menghilangkan kehadiran Inggris di Palestina dan mendirikan sebuah negara Yahudi yang merdeka.

Tujuan Begin dalam konteks sejarahnya, tahun 1940-an di Palestina (saat ini negara Israel dan wilayah Palestina). Pada waktu itu, Palestina merupakan koloni kuasi-independen Inggris, itu dihuni oleh orang-orang Arab Palestina dan oleh peningkatan jumlah orang-orang Yahudi Eropa. Beberapa orang Yahudi datang karena komitmen ideologis mereka untuk sebuah negara Yahudi, dan yang lainnya yang melarikan diri dari kejaran nazisme yang telah menyebar di eropa.
Para pemimpin Zionis memegang ide yang berbeda tentang bagaimana untuk mencapai tujuan mereka. Zionis revisionis, seperti Begin, adalah ekstremis nasionalis yang meyakini kekerasan dibenarkan untuk menciptakan sebuah negara. Begin fokus pada usaha memaksa Inggris untuk menarik pasukan mereka dari Palestina, dan menganggapanggap taktik gerilya dan teror adalah jalan yang sah untuk mencapai tujuan ini.

Serangan Terkemuka:

Irgun, sebuah milisi Zionis, melakukan serangan-serangan selama di bawah komando Begin:

Februari 1944: Pemboman kantor imigrasi yang dijalankan oleh pemerintah Inggris. Tiga serangan simultan yang dilakukan terhadap kantor cabang di Yerusalem, Tel Aviv dan Haifa melambangkan kemarahan Irgun atas kebijakan Inggris membatasi imigrasi Yahudi. Tidak ada korban jiwa.
Juli 1946:Meledakkan hotel King David. Hotel mewah di Yerusalem yang juga merupakan pusat komando militer Inggris dan administrasi pemerintahan. serangan itu meratakan gedung dan menewaskan 91 orang.

Kunci Pengaruh:

Begin tertarik pada Zionisme dimasa kecilnya di Rusia. Ayahnya, seorang Zionis berkomitmen, mempengaruhinya agar menjadi zionis tulen.Begin bergabung dengan gerakan Betar, sebuah organisasi Zionis Revisionis didirikan pada tahun 1923, ketika ia berusia 16 tahun. (Betar adalah singkatan yang dibuat dari nama Ibrani nya, Brit Yosef Trumpeldor.)

Zionisme revisionis difokuskan pada pembentukan negara Yahudi di Palestina merdeka di kedua sisi Sungai Yordan. Zionisme Revisionis dapat dibedakan dengan bentuk nasionalisme yahudi yang lebih dominan pada pergantian abad ke-20, Zionisme Buruh, yang berusaha untuk menggunakan cara-cara diplomatik dan non-kekerasan untuk mendirikan negara. Pada 1930, Zionis Revisionis main mata dengan Fasisme sebagai cita-cita politik (dan sebagai penyeimbang Marxisme dan sosialisme, yang mereka tidak suka).

Latar Belakang Keluarga & Kehidupan Politik:

Begin lahir pada tahun 1913 di kota Lithuania Brest-Litovsk. Ia dididik sebagai anak di sebuah yeshiva (sekolah menggabungkan topik Yahudi tradisional dan mata pelajaran sekuler). Dia adalah seorang pemimpin dari Betar di Polandia pada saat Perang Dunia II dimulai. Ia ditangkap oleh Soviet dan dikirim ke kamp tahanan Siberia. Ia tiba di Palestina dengan tentara Polandia pada tahun 1942, kemudian diangkat menjadi pemimpin Irgun.

Setelah berdirinya Israel pada tahun 1948, Begin mendirikan partai politik sayap kanan, Herut. Pada tahun 1977, ia menjadi perdana menteri Israel. Dia sering disebut sebagai kepala negara pertama dari kalangan non sosialis. Dia juga menjadi pemimpin Israel pertama yang menandatangani perjanjian damai dengan negara Arab, Mesir. Pada tahun 1978, ia dan Presiden Mesir Anwar Sadat yang bersama-sama dianugerahi hadiah Nobel Perdamaian. begin mengundurkan diri sebagai perdana menteri pada tahun 1983.

Begin menikahi Aliza Arnold pada tahun 1939. Dia meninggal pada tahun 1982.
Organisasi Afiliasi:

Begin, dalam masa hidupnya didedikasikan untuk kegiatan gerilya, berafiliasi dengan sebuah organisasi bernama Irgun Zvai Leumi (Organisasi Militer Nasional), yang ia pimpin dari 1944 sampai 1948. Zionis revisionis yang percaya bahwa sikap militan dan kegiatan teroris adalah cara yang sah untuk mencapai tujuan politik mereka mendirikan Irgun pada tahun 1931. Mereka dapat dilihat dalam banyak pola yang sama dengan kelompok lain yang telah menggunakan taktik teroris untuk mengusir penjajah yang asing.
Begin dan Irgun

Begin tiba di Palestina pada tahun 1943 sebagai anggota dari tentara Polandia dan pendatang baru di Irgun, yang telah tanpa pemimpin selama hampir satu tahun. Pada akhir tahun, Begin terpilih menjadi Panglima organisasi. Keputusan pertama adalah untuk mendeklarasikan perjuangan bersenjata melawan pemerintah Inggris.

Pemberontakan dimulai pada tanggal 1 Februari, 1944 ketika Irgun membukukan salinan deklarasi pemberontakan di dinding Yerusalem. Kegiatan Irgun melawan Inggris berakhir ketika kepemimpinan bertindak dari Yishuv membuka "musim berburu" pada anggotanya. Banyak yang ditangkap, ditahan dan beberapa dideportasi ke Afrika untuk ditahan. Pada tahun 1945, Haganah, Irgun, dan organisasi lain berkomitmen untuk taktik teroris, Gang Stern (Lehi), bergabung dalam perjuangan militer melawan Inggris.

Begin meninggal karena gagal jantung pada tahun 1992, di Israel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar